Home

Jika kalian hidup di pertengahan dekade 80 an, dan rambut kalian tidak sampai bahu,jangan harap kalian bisa jadi personil band rock. Ini adalah era dimana musisi rock memilik tipikal visual yg bertahan selama lebih dari dua dekade sejak era 70-an.
Musisi rock memiliki karakter visual yang nyaris seragam, entah itu di Los Angeles atau di Surabaya. Mereka berambut gondrong, jaket kulit, kalung dan gelang di seantero tubuh nya, terkadang tattoo di lengan bergambar hati.
Itulah era dimana musik rock gondrong, yg di Amerika disebut Hair Rock, menjadi identitas musik mainstream di seluruh dunia. Genre ini sebenarnya adalah musik rock n roll yang berevolusi di tampilan fisik nya. Para musisi dengan rambut gondrong mengkilat, seperti manekin di salon kecantikan, tiba tiba saja mewabah di konser rock besar di seluruh dunia.
Secara musikal, akar musik mereka tak lebih dari rock and roll era 70 an. Bahkan lirik bernuansa cinta dan mengumbar kata baby, tak berubah banyak sejak era 70 an.
Fenomena Hair Rock sebenarnya di mulai di akhir dekade 70 an, di Inggris, dan menyebar bagai virus dengan titik awal wabah nya di Los Angeles.
Akhir 70 muncul musisi rock berpakaian glamour, dan berdandan dengan model pakaian teatrikal yg ekstrim. Nama besar di era ini diantaranya adalah David Bowie, Alvin Stardust, Slade, dan KISS.
Di awal dekade 80 an, kawasan Sunset Strip – LA, muncul fenomena rocker dengan rambut panjang disasak tinggi. Di jalanan kumuh itulah muncul fenomena pemberontakan kultur bentuk baru, yaitu para pencinta musik rock n roll yang berambut gondrong dengan semprotan hair spray, sehingga rambut mereka meninggi.
Inilah titik awal kemunculan generasi Hair Rock diawal dekade 80 an. Para pionir yg terkenal di era ini adalah band seperti Motley Crue, Cinderella, RATT, Poison, Faster Pussycat, dan banyak lagi.
Secara musikal, sebenarnya musik mereka adalah rock n roll dengan distorsi gitar yang lebih modern dan sangat elektrik. Lagu lagunya sebagian besar bertema cinta, dan pesta dengan chorus yang bisa disenandungkan di kamar mandi. Lalu, setidaknya ada setengah menit solo gitar diantara chorus dan ending lagu.
Hey, jangan lupakan bahwa di era ini, selalu menampilkan vokalis dengan pitch yg tinggi. Semakin tinggi lengkingan suaranya, semakin berwibawalah dia di atas panggung.
Dengan formula musik yang lebih renyah, gaya fashion yang memukau, tentunya menjadi daya tarik di kalangan anak muda di seluruh Amerika dan di dunia.
Peran MTV saat itu sangat besar dalam mengkampanyekan generasi baru musik rock jenis ini. Media TV yang mengedepankan unsur visual, sangat cocok dengan kemunculan generasi rocker yang fashionable. Sejumlah video klip rock, merajai jam tayang jaringan TV musik dan hiburan di seluruh dunia. Majalah musik rock seperti Kerrang, dan Hit Parader menampilkan para band Hair Rock di sampul depan. Ulasan tentang mereka sebagian besar adalah sensasi dan gaya hidup rock-star di masa itu, yang masih menganut faham sex, drug, and, rock and roll.
Para rocker pengusung Hair Rock tidak hanya merajai klub yang berderet di LA, tapi merambah ke panggung konser raksasa di seluruh dunia. Dalam bentuk yg kurang lebih sama, era ini memunculkan juga band yang cukup sukses dan berasal dari luar LA, seperti Bon Jovi (New Jersey), Van Halen (Pasadena) bahkan dari Eropa seperti Europe (Swedia), Def Leppard (Inggris) atau Gorky Park (Rusia).
Ada yang memperdebatkan apakah Guns N Roses masuk kategori Hair Rock atau bukan. Secara visual mereka tampak seperti Hair Rock, tapi secara musikal mereka terdengar lebih kasar, lebih memberontak. Album mereka yg paling sukses Guns, Appetite for Destruction (1987), memang dirilis di era kejayaan Hair Rock.
Para kritikus musik berpendapat bahwa fenomena Hair Rock menemui ajalnya dengan sangat tragis ketika muncul generasi musik baru dari Seattle, yang dikenal jenis musik Grunge. Moment kematiannya adalah, ketika muncul nya album Nevermind milik band bernama Nirvana tahun 1991. Diikuti dengan band sejenis, yang juga akan tercatat sebagai band sukses seperti Pearl Jam, Soundgarden, dan Smashing Pumkins.
Perubahan wajah musik rock di awal dekade 90 an menjadi akhir yang tragis bagi pengusung genre Hair Rock. Musisi rock tidak lagi harus berambut gondrong dan memakai aksesoris logam di sekujur tubuhnya. Tidak lagi ada lengkingan pitch yang tinggi, dari seorang penyanyi rock. Tidak lagi ada solo gitar maut, dari gitaris sebuah band rock.
Yang lebih mengerikan dari era baru ini adalah munculnya jenis baru musik Punk modern yg di populerkan secara mendunia dengan munculnya band Green Day (album Dookie 1994) dan Off Spring (album Smash 1994). Kemunculan musik post-punk ini membuat semua orang bisa bermain gitar dan semua orang bisa membuat band dengan skill musik minimalis. Bayangkan saja di era itu, anak anak SMP yg baru belajar memainkan gitar, bisa naik panggung membawakan lagu When I Come Around (Green Day album Dookie).
Sebenarnya akhir dari genre Hair Rock tidak setragis yang dibayangkan. Mereka melakukan perlawanan terakhir dengan sangat gemilang. Motley Crue merilis album terbaiknya Dr.Feelgood tahun 1989. Poison mengeluarkan hits terbaiknya di album Flesh and Blood tahun 1990. Guns N Roses, jika mereka adalah Hair Rock, merilis double album yg sangat legendaris berjudul Use Your Illusion tahun 1991. Seluruh album itu tidak hanya album terbaik dalam sejarah musik rock, tapi juga album terbaik band band tersebut diatas.
Jika kalian melewatkan dekade dan masa ini dalam hidup kalian, saya pilihkan sedikit album yang layak di dengarkan dari era ini :
Motley Crue ; Girls Girls Girls (1987), Dr Feelgood (1989)
Poison ; Flesh and Blood (1990)
RATT ; Out of The Cellar (1984)
Cinderella ; Night Song (1986)
Bon Jovi ; Sliperry When Wet (1986)
Guns N Roses ; Appetite for Destruction (1987)
Europe ; The Final Countdown (1986)
Bergembiralah para musisi rock di era saat ini, karena kalian bisa hidup tanpa ketergantungan terhadap Sisir dan Hairspray. @ffdarmawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s