Home

SMASHING-PUMPKINS-Mellon-Collie-

Setiap menjelang akhir tahun, saya pasti menyempatkan diri untuk sesaat berhenti bergerak, bernafas pelan, dan bergumam ‘damn! satu tahun lagi dilewati, dan apa yg udah aku dapet?’
Rasanya baru kemarin, saya menabung uang jajan hanya untuk membeli kaset album New Jersey nya Bon Jovi. Rasanya baru kemarin menyaksikan God Bless mengeluarkan album Raksasa, dg gitaris baru nya, Eet Sjahrani. Sekarang, kedua band diatas, tak lebih dari kumpulan orang tua yg masih mencoba keren meski wajah sudah keriput dan rambut ubanan *no offense, please : )
Lalu saya selalu teringat potongan lirik band 90-an The Smashing Pumpkins, yg single nya berjudul Tonight Tonight (album Mellon Collie and Infinite Sadness). Entah lagu itu dibuat untuk mengingatkan tentang berubahnya diri kita dari waktu ke waktu, atau bukan, tapi penggalan lirik nya sangat kontekstual buat kita yg merasa beranjak tua dari waktu ke waktu.
Time is never time at all
You can never ever leave without leaving a piece of youth
And our lives are forever changed
We will never be the same
Dari waktu ke waktu, saya meninggalkan setiap kepingan masa muda di belakang kita. Bisa jadi, saya meninggalkan kebiasaan nongkrong, meninggalkan idealisme pemberontakan, dan meninggalkan satu persatu impian masa muda dan dilupakan untuk selamanya. Dulu saya sangat ingin seperti Izzy Stradlin gitaris nya GNR, dari gaya main gitar sampe jaket kulit buluknya. Sekarang, udah ng’gak.
Hidup setiap hari berubah, gak setiap tahun berganti saja, tapi setiap hari. Ingat ada pepatah yg menyebutkan ‘Kalian tidak akan melewati sungai yg sama dua kali’. Sungai nya tetap, tapi air nya berubah, batu di dasarnya bergerak sepanjang waktu, pepohonan di sekelilingnya berubah. Jadi sebenarnya, kita sepenuhnya melihat sungai yg berbeda setiap saat.
That life can change, that you’re not stuck in vain
We’re not the same, we’re different tonight
Tonight, so bright, Tonight
Lalu pada suatu hari kita sadar bahwa diri kita bukan kita yang kemarin, atau bukan kita 15 tahun lalu. Jiwa kita saat ini berubah, dan baru kita sadari ketika kita berada di Starbuck bersama rekan kerja, sementara di tahun 1998 kita meneriakan anti-globalisasi dan anti kapitalisme barat. Tiba tiba, di satu malam, kalian sadar bahwa kalian bukan seperti yg dulu lagi.
We’ll make things right, we’ll feel it all tonight
We’ll find a way to offer up the night tonight
The indescribable moments of your life tonight
The impossible is possible tonight
Hari ini baru kalian sadari bahwa ada kehidupan lain yang menunggu kalian di depan mata. Semuanya baru tersadarkan, ketika moment pergantian tahun dimulai. Terompet tahun baru mengingatkan kita bahwa kita telah meninggalkan 365 hari dibelakang kita. Apakah 365 hari kalian penuh dengan kekosongan? 365 hari yg penuh kepedihan? atau 365 hari penuh kebahagiaan dan kegembiraan.
Kalian sadar bawha waktu begitu cepat bergerak, seakan dalam satu malam kita bertambah tua. Banyak yang harus kalian ‘make things right’ esok hari. Skripsi yg belum beres, mencari pekerjaan tetap, melamar gadis yg sdh dipacari sejak lulus SMA, dan banyak lagi hal yg bisa kita buat lebih baik tahun depan.
Tonight, so bright
Tonight
Tonight, so bright
Malam pergantian tahun akan selalu terasa lebih indah, bukan karena kemeriahannya. Yang membuat malam pergantian tahun terasa indah adalah, kita semua masih punya harapan hidup yang lebih baik untuk satu tahun lagi.
Selamat menyambut Tahun 2013, semoga hidup kalian bahagia..
@ffdarmawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s